Kamis, 02 April 2015

Microsoft Perusahaan Termahal Kedua Setelah Apple

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Kapitalisasi pasar atau nilai perusahaan Microsoft kini menjadi yang terbesar kedua di dunia. Perusahaan software yang berbasis di Redmond, Washington itu berada di urutan kedua di belakang Apple.

Dikutip KompasTekno dari BGR, Minggu (16/11/2014), nilai perusahaan Microsoft pada minggu lalu dilaporkan melampaui Exxon Mobil, perusahaan yang paling tinggi nilainya di pasar saham sebelum akhirnya Apple mengambil alih beberapa tahun yang lalu.

Besaran valuasi Microsoft ditaksir mencapai 408 miliar dollar AS (sekitar Rp 5 ribu triliun), melampaui Exxon Mobil yang sebesar 404 miliar dollar AS. Nilai saham Microsoft pun terdongkrak mencapai 50,04 dollar AS per lembar saham di bursa NASDAQ pada Jumat (14/11/2014) lalu, nilai tertinggi sejak tahun 2000.

Apple sendiri masih menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar saat ini, nilainya mencapai 668 miliar dollar AS (sekitar Rp 8 ribu triliun).

"Microsoft telah membuat perubahan yang strategis," ujar Daniel Ives, analis teknologi di FBR Capital Markets. Namun menurutnya, CEO Microsoft, Satya Nadella masih memiliki tantangan karena pasar PC sedang menurun. 

"Namun jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis, seperti IBM, Hewlett-Packard dan Oracle, Microsoft telah melakukan hal yang tepat," ujar Ives.

Di bawah kepemimpinan Nadella, Microsoft fokus kepada layanan komputasi awan (cloud computing), yang menurutnya adalah model bisnis yang lebih menjanjikan ketimbang berjualan software secara tradisional yang ter-install di komputer konsumen.

Microsoft juga berjanji akan merombak sistem operasi Windows-nya dan merilis software populer miliknya untuk platform smartphone dan tablet, trermasuk untuk perangkat buatan Apple.

0 komentar:

Posting Komentar