Selasa, 31 Maret 2015

Punya Ide atau Aplikasi? Menangkan Rp 25 Juta

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) adalah ajang kompetisi inovasi teknologi yang diselenggarakan Indosat.

Digelar sejak 2006, di 2014 ini Indosat menggelar IWIC ke-8. Dalam IWIC 8 ini tersedia hadiah Rp 25 juta untuk pemenang terbaik. 

Dalam kompetisi ini, peserta bisa menyampaikan ide (dalam bentuk proposal) ataupun aplikasi yang sudah jadi. 

Untuk proposal ide, peserta boleh mengirim proposal ide yang belum terimplementasi atau belum memiliki prototipe aplikasi. Sedangkan untuk kategori kedua, peserta harus sudah membuat prototipe aplikasi dan mengirimkannya bersama proposal.

Untuk rincian tema di setiap kategorinya adalah sebagai berikut: 

Kategori Proposal Ide:
  • Lifestyle
  • Multimedia
  • Utilities
  • Inovasi untuk Divabel (penyandang cacat)

Kategori Proposal Aplikasi Mobile dengan Prototipe/Terimplementasi:
  • Lifestyle
  • Multimedia
  • Utilities
Wicak Hidayat/KompasTekno
Adrian Prasanto, Div. Head Public Relation Indosat, dalam sosialisasi IWIC 8 di Warung Pasta, Depok, Rabu malam (2/7/2014).
Untuk gelaran kali ini, menurut Adrian Prasanto, Div. Head Public Relation Indosat, IWIC akan lebih menekankan pada kewirausahaan dari pesertanya. Hal itu mengapa Indosat menggandeng beberapa rekanan, termasuk Founder Institute. Nantinya dari Founder Institute ini akan membantu inkubasi pemenang atau peserta IWIC yang terpilih. 

"Hal baru lainnya yang ada di IWIC 8 ini adalah akan digelar sebuah hackathon," ujar pria yang akrab dipanggil Pras itu dalam sosialisasi IWIC 8 dengan komunitas DepokMobi di Depok, Rabu malam (2/7/2014).

Selain itu, lanjut Pras, mereka juga bekerjasama dengan Starhub Crowdtivate. Platform tersebut memungkinkan startup untuk mencari dukungan dana dari masyarakat (crowdfunding) selain mentoring dan inkubasi. 

Hal itu tak lepas dari kesiapan Indosat untuk mendukung ekosistem perusahaan rintisan digital (startup) di Indonesia. "Indosat memiliki rentang yang utuh sebagai platform untuk mendukung startup," ujar Pras. 

IWIC, ujarnya, berada di tahap pre-seed dan seed alias pembibitan. Di tahapan ini sifatnya masih menggalang talenta lokal yang mungkin bisa menjadi perusahaan rintisan. 

Sedangkan di tahap yang lebih lanjut, ujar Pras, juga ada kemungkinan investasi melalui kerjasama Indosat dengan Softbank. 

Pendaftaran IWIC 8 sudah dibuka 25 Juni 2014 dan akan ditutup pada 30 September 2014. Dimulai dari Depok, IWIC 8 akan melanjutkan roadshow ke berbagai komunitas dan kampus untuk sosialisasi program ini. 

0 komentar:

Posting Komentar