Selasa, 31 Maret 2015

Kapan Lensa Kontak Google Mulai Dijual?

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Setelah kacamata pintar, lensa kontak pintar yang pengembangannya diumumkan oleh Google pada awal tahun ini akan menyusul hadir. 

Perangkat yang dipasang di depan pupil mata tersebut dijadwalkan sudah siap untuk keperluan komersil dalam jangka lima tahun ke depan setelah Google menjalin kerjasama dengan perusahaan farmasi Novartis.

Sebagaimana dilaporkan oleh ArsTechnica, Novartis yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia itu bakal memproduksi lensa kontak pintar melalui divisi optik Alcon. 

Divisi ini sebelumnya  telah memproduksi sejumlah brand lensa kontak seperti “Fresh Look”, “Dailies’, dan “Air Optix”.

Rencananya Google dan Novartis akan membuat beberapa jenis lensa kontak pintar.

Jenis pertama bisa memonitor kadar glukosa penggunanya lewat air mata. Hal tersebut bisa membantu penderita diabetes dalam memonitor kondisi fisik.

Lensa kontak pintar jenis kedua memiliki kemampuan “autofokus” untuk mereka yang mengalami kesulitan bepindah fokus pandangan antara obyek jarak dekat dan jarak jauh.

Novartis menyebutkan bahwa masalah fokus pengelihatan yang satu ini dialami oleh 1,7 miliar orang di seluruh dunia. Sebab itu, ketika sudah hadir nanti, chief executive Novartis Joe Jimenez menyebutkan bahwa lensa kontak pintar Google tersebut bakal menghadirkan “terobosan besar” dalam bidang perawatan mata.

0 komentar:

Posting Komentar